Waspada, Demam Berdarah di Musim Kemarau - Oprek-Oprek Blog

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, March 12, 2014

Waspada, Demam Berdarah di Musim Kemarau


Idealnya nyamuk akan berkembang biak dengan cepat saat musim hujan. Termasuk nyamuk jenis Aedes aegypti yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah yang mematikan. Namun pada kenyataannya pada musim kemarau pun penderita penyakit demam berdarah masih bermunculan. Menurut Kabid Pencegahan Demam Berdarah pada Dinas kesehatan Kabupaten Lumajang, Drs. Agus. Hal ini disebabkan virus demam berdarah selalu bermutasi, dan hal tersebut yang mengakibatkan penyakit ini dapat muncul tanpa memperdulikan musim.

Hal lain yang patut diwaspadai adalah fakta bahwa penyakit ini hampir menyerang segala usia. Tidak hanya anak-anak, remaja dan dewasa pun tidak lepas dari ancaman virus ini

Akhir tahun 2013 lalu, penderita demam berdarah di Kabupaten Lumajang telah mencapai 151 orang dari segala usia, ditambah 700 lebih orang yang hanya menderita gejala saja, dan untuk jumlah kematian dari penderita penyakit tersebut mencapai 4 orang.

Sementara data pada Bulan Februari 2014, penderita penyakit ini telah mencapai sekitar 160 orang. Berkaca dari peningkatan penderita penyakit tersebut, pihaknya menghimbau pada masyarakat Lumajang untuk selalu menjaga lingkungan, terutama lingkungan tempat tinggal masing-masing, dengan cara 3M. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air, Menguras bak mandi dan tempat penampungan air dan Menutup tempat penampungan air. (anam/ kim-olmj)

Sumber : humas-lmj

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages