Pelayanan Farmasi dan Manajemen Pengelolaan Obat Berbasis E-Logistics - Oprek-Oprek Blog

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, November 28, 2017

Pelayanan Farmasi dan Manajemen Pengelolaan Obat Berbasis E-Logistics


Kementerian Kesehatan membangun manajemen logistik alat kesehatan, obat, dan vaksin dengan mengembangkan aplikasi yang dinamakan Sistem e-Logistics. Sistem e-Logistics adalah aplikasi pengelolaan obat dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) di Instalasi Farmasi pusat, provinsi, dan kabupaten/kota untuk mendukung pelaporan, pencatatan, dan pengelolaan obat dan BMHP, agar penyediaan alat kesehatan, obat dan vaksin dapat dipenuhi secara tepat waktu.

Sistem e-Logistics telah dikembangkan untuk digunakan di semua tingkat instalasi farmasi pemerintah, yaitu pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang mengadakan sosialisasi tentang pelayanan ke-farmasian dan managemen obat yang berbasis e-logistics.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu (29/11) bertempat di ruang pertemuan Pisang Agung Dinas Kesehatan Lumajang. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dra. Ria Cancerina, MM diikuti oleh sejumlah 50 peserta yang terdiri dari 1 orang petugas farmasi dan 1 penanggung jawab rawat inap Puskesmas se-Kabupaten Lumajang.

Dalam sambutannya, Dra. Ria menyampaikan bahwa dengan memperkenalkan aplikasi e-logistics ke seluruh Puskesmas, maka Laporan Penggunaan dan Lembar Permintaan Obat (LPLPO) sekarang bisa dilaporkan secara online.

Pada kegiatan tersebut, bertindak sebagai Narasumber yang pertama yaitu teguh sugiharto, A.Md dari Sungram Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dan yang kedua yaitu Dra. Susilo Ari Wardani, Apt. M.Kes dari Seksi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Dra. Susilo memaparkan bahwa dengan adanya kebijakan dan kemudahan ini, Menteri Kesehatan berharap tidak ada keterlambatan dalam hal pelaporan LPLPO. (Dinkes-lmj)

Sumber:  https://portalberita.lumajangkab.go.id/detail_berita.php?id=aHWJeg%3D%3D

Website resmi:  https://lumajangkab.go.id

#KIM #KelompokInformasiMasyarakat #KimSinarHarapan #Tekung #Kerja3ersama #ilikelumajang #lumajang #OPD #kominfo #humasdanprotokol #komunikasi #informasi #stophoax #jatim #indonesia #government #explorelumajang #wonderfullindonesia

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages