Lumajang Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten Sehat Tahun 2017 - Oprek-Oprek Blog

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, November 28, 2017

Lumajang Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten Sehat Tahun 2017


Kabupaten sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan lintas sektor antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat dalam mengatasi masalah–masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial kabupaten.

Di tingkat kabupaten dimotori oleh Forum Kabupaten Sehat yang mensinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa oleh Forum Desa Sehat.

Perlu diketahui bahwa penilaian Kabupaten Sehat lebih berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Desa Sehat serta dukungan sektor terkait. Karena masalah kesehatan penyebabnya sangat kompleks, dan mempunyai skor yang tinggi jika diselesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat.

Tim verifikasi Kabupaten Sehat telah melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lumajang tanggal 13 September 2017 dengan titik kunjungan di Kampung Kelor, Kali Temi, Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Taman Kota, Pasar Sukodono, SDN Kepuharjo 02, Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, Puskesmas Tempeh, TPS Lempeni, PT. Nankai Candipuro, dan Pemandian Tirtosari View.

Pemerintah Kabupaten Lumajang mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara disampaikan melalui surat kawat Kementrian Dalam Negeri RI nomor 005/8999/Bangda tertanggal 22 November 2017. Penghargaan tertinggi di bidang kesehatan itu, diserahkan Selasa (28/11) di ruang Sasana Bhakti Praja Kementrian Dalam Negeri yang diterima langsung oleh Bupati Lumajang, Drs. H. As'at, M.Ag. Penghargaan ini merupakan yang ke 5 kalinya untuk Kabupaten Lumajang.

Diharapkan dengan penghargaan ini, seluruh elemen masyarakat dapat membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga terwujud Kabupaten Lumajang yang sehat, bersih, nyaman, aman, sejahtera dan bermartabat. (Dinkes-lmj)

Website resmi:  https://lumajangkab.go.id

#KIM #KelompokInformasiMasyarakat #KimSinarHarapan #Tekung #Kerja3ersama #ilikelumajang #lumajang #OPD #kominfo #humasdanprotokol #komunikasi #informasi #stophoax #jatim #indonesia #government #explorelumajang #wonderfullindonesia

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages